Pengertian Brainware, Fungsi dan Contohnya

Share:
Apa itu Brainware?
Pengertian dari Brainware adalah subjek atau orang yang mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Beberapa contoh brainware adalah Programmer, Administrator, Netter, Operator, dan para pengguna lainnya.


Brainware bisa juga diartikan sebagai perangkat intelektual yang menjelajahi dan menggunakan kemampuan hardware(perangkat keras) dan software(perangkat lunak). Pengguna perangkat komputer ini disebut juga dengan user komputer, mereka terbagi menjadi beberapa bagian:

1. Programmer
Merupakan  orang yang memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman, yang sering melakukan koding, testing dan debugging suatu program yang diciptakan maupun dikembangkan.
2. Administrator
Merupakan  orang yang bertugas mengelola, menjalankan dan mengotorisasi(memberikan hak akses) sebuah sistem operasi yang digunakan dalam komputer atau suatu lingkup jaringan komputer.
3. Operator
Merupakan orang yang bertugas sebagai pengguna dan mengikuti alur atau cara kerja sesuai otorisasi dari Administrator, atau bisa disebut pengguna dengan hak akses yang terbatas.

Dalam sebuah sistem komputer, brainware merupakan bagian yang saling terkait satu sama lain, yaitu dengan hardware dan software. Tanpa salah satu dari ketiga bagian ini, maka sistem komputer tidak bisa berjalan.


  • Pengertian Brainware dan Perannya dalam Suatu Lingkup Perusahaan

Dalam dunia pengembangan perusahaan dan bisnis, brainware adalah seseorang atau sekelompok orang yang mampu mengeksplorasi, mengotorisasi dan mengatur sistem informasi manajemen sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Secara umum, brainware dibutuhkan untuk menghasilkan informasi atau data yang berguna untuk kelangsungan organisasi atau manajemen perusahaan dalam hal kompetisi untuk menghadapi persaingan bebas.

  • Komponen Brainware dalam Bisnis dan Perusahaan
Brainware bertanggung jawab membangun, menjaga, mengawasi dan mengendalikan sistem informasi dalam organisasi dan bisnis. Untuk mencapai tujuan bisnis dalam perusahaan, maka harus ada komponen pendukung manajemen agar bisa meningkatkan daya saing dengan kompetitor.
Komponen-komponen brainware dalam perusahaan mencakup:

1. Sistem Analis
Sistem analis adalah orang yang bertanggung jawab dalam perencanaan, riset, pemetaan suatu program, menganalisa dan bertanggung jawab dalam hak manajerial, teknis analisis dan interpersonal.

2. Programmer
Programmer adalah orang yang memiliki kemampuan dalam menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman dalam dunia komputer. Tugas utama programmer adalah mengikuti rancangan dari sistem analis dalam koding, testing dan debugging dalam pembuatan suatu program.

3. Administrator
Administrator adalah orang yang memiliki tugas dan kemampuan mengelola sistem operasi beserta program dalam lingkup maupun jaringan perusahaan, membagi otorisasi(hak akses), menjaga dan mengamankan data dari hal-hal yang merugikan perusahaan. Contoh umum dari administrator adalah Administrator databases, Administrator jaringan,Administrator web dan masih banyak lainnya.

4. Konsultan
Konsultan adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam bidang yang berhubungan dengan solusi bisnis suatu perusahaan. menjadi penasehat bisnis yang bisa diandalkan, memberikan solusi, ide dan metode terbaik dalam kebijakan bisnis perusahaan.

5. Project Manager
Project Manager bertanggung jawab dalam memimpin suatu project, atau bahasa lainnya mandor. Komponen ini penting karena merupakan pengendalian, pengawasan terhadap programmer dan program yang dibuat.

Brainware yang unggul akan menciptakan sistem yang baik dalam suatu lingkup perusahaan, karena arah dan tujuan menjadi relevan demi tercapainya target bisnis dalam suatu perusahaan.
Sebaliknya Brainware yang buruk akan menghasilkan kualitas sistem yang tidak baik, keamanan data, pengelolaan data, efisiensi suatu program menjadi terkendala bila tidak ditangani dengan brainware dan metode yang tepat.

Demikian penjelasan singkat mengenai Brainware, Bila masih belum paham, silahkan untuk bertanya di kolom di bawah ini, semoga bermanfaat.

2 comments: