Pengertian Perangkat Keras: Fungsi, Jenis dan Contohnya (Part 1)

Share:
Perangkat Keras Komputer atau Hardware Computer adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung oleh user atau brainware, yang berfungsi mendukung proses komputerisasi.
Secara teori, komputer terdiri dari 3 bagian penting yang saling terhubung, yaitu Hardware, Software dan Brainware.
Dalam sebuah sistem komputer, hardware, software dan brainware merupakan bagian yang terkait satu sama lain. Tanpa salah satu dari ketiga bagian ini, maka sistem komputer tidak akan bisa berjalan.
Berikut gambar ilustrasinya di bawah ini:

Baca juga: apa itu Software, Brainware.

Hardware bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan, atau juga disebut dengan istilah Instruction Set. Dengan adanya instruction set, maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh user.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsinya proses yang ada di komputer dengan baik. Komponen ini termasuk dalam elemen perangkat keras(hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer terbagi menjadi:

1. Input Device(unit masukan)
2. Process Device(unit pemprosesan)
3. Output Device(unit keluaran)
4. Backing Storage(unit penyimpanan)
5. Peripheral(unit tambahan)

Kesimpulannya komponen dasar pada komputer terdiri dari input, proses, dan penyimpanan(storage).


Agar lebih memperjelas lagi, firsamedia akan merinci komponen dasar yang telah kita sebutkan di atas.


A. Input Device 

Terdiri dari perangkat-perangkat seperti:

1. Keyboard
Keyboard Qwerty

Merupakan sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka maupun simbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk membuka dan menyimpan file . Keyboard juga disebut sebagai papan ketik pada komputer.
Jenis-jenis Keyboard:
1. Qwerty
2. Dvorak
3. Klockenberg

Keyboard yang populer digunakan adalah jenis Qwerty, berbentuk mirip tuts pada mesin tik. Keyboard Qwerty memiliki empat bagian yaitu:
1. Typewriter Key
2. Numeric Key
3. Function Key
4. Special F

2. Mouse




Mouse(tetikus) adalah perangkat keras yang digenggam, umumnya berisi dua button(tombol) dan sebuah bola atau laser di bawahnya. Fungsi mouse adalah untuk menggerakkan kursor(pointer), melakukan scroll dan button kiri 2x sebagai perintah push/enter dan button kanan sebagai perintah properties pada program atau data yang ada di komputer.


3. Joystick







Joystick adalah perangkat keras yang berbentuk seperti tuas gigi pada mobil atau seperti stik konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game pada komputer.


4. Trackball








Trackball adalah perangkat keras berupa sebuah bola, memiliki sensor yang digunakan sebagai alat penunjuk dan mendeteksi getaran.


5. Barcode Reader
Barcode reader atau Barcode scanner adalah alat untuk memindai barcode, biasanya akan mudah ditemukan pada karyawan gudang dan di kasir dari sebuah tempat perbelanjaan. Alat ini berfungsi melakukan scan item tertentu berdasarkan garis kode barcode dan memudahkan karyawan gudang dan kasir dalam menghitung jumlah total dan jenis item produk.


6. Flashdisk


Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data external yang dihubungkan melalui port USB(universal serial bus) yang mampu menyimpan berbagai jenis(format) data secara permanen.



7. Touchpad
Touchpad atau Trackpad adalah perangkat penunjuk(pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan gerakan jari dan posisi jari user komputer ke posisi relatif layar.
Touchpad adalah contoh dari fitur umum laptop yang digunakan sebagai pengganti mouse komputer pada space meja yang memiliki ukuran kecil.

8. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan menggunakan sebuah benda berbentuk pulpen ke screen(monitor). Cara kerja light pen adalah dengan sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer untuk direkam dengan kecepatan setiap baris perdetik.

9. Scanner
Scanner bekerja dengan merekam dan merubah dokumen yang sebelumnya berbentuk fisik(hardcopy) menjadi bentuk file(softcopy) dan umumnya berbentuk format file PDF dan JPG/JPEG.

10. Graphics Pads
Graphics pad atau tablet grafis adalah alat masukan untuk menggambar objek yang ditampilkan pada layar monitor layaknya seperti menggambar di atas kertas menggunakan pulpen atau pensil, digunakan pada teknologi Computer Aided Design(CAD) yang objeknya adalah rancangan bangunan, mesin, desain kendaraan dan struktur lain. Terdiri dari 2 jenis:
a. Plastic Pad
Adalah media seperti alas gambar yang terhubung dengan komputer menggunakan USB atau Bluetooth.

b. Stylus
Adalah benda berbentuk pena yang memiliki fitur pressure-sensitive, bekerja layaknya seperti pensil atau pulpen pada kertas gambar atau objek.

11. Microphone
Mikrofon adalah salah satu jenis tranduser(alat yang mengubah suatu energi ke energi yang lain) yang merubah gelombang suara menjadi sinyal listrik. Umumnya alat ini berpasangan dengan Sound System atau speaker aktif agar kekuatan suara yang dihasilkan bisa maksimal.

12. Modem




Modem secara pengertian adalah Modulator Demodulator, yaitu perubah dari sinyal Analog ke sinyal Digital dan sebaliknya, atau bisa disebut alat komunikasi dua arah.
Fungsi umum alat ini adalah:
a. Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.
b. Menghubungkan antar perangkat dalam jaringan komputer.
c. Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.
d. Melakukan kompres data yang dikirimkan oleh sinyal.
e. Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi.

13. CD ROM/DVD ROM
CD(Compact Disk) atau DVD(Digital Versatile Disc)adalah media peyimpanan data berbentuk cakram padat, berisi data yang tersimpan di dalam partikel-partikel kecil cakram. CD terbuat dari bahan label, acrylic, aluminium dan polycarbonate plastic dipadukan menjadi 4 lapis yang solid. Saat ini penggunaan media ini telah mengalami penurunan signifikan karena tergantikan media penyimpanan yang lebih handal dan menampung data lebih besar, yaitu flashdisk(bentuk kecil) dan harddisk atau juga yang terbaru adalah SSD(solid state drive).

14. WebCam


Webcam adalah kamera pengambil citra visual/gambar, ditampilkan di monitor dan juga sebagai pengambil suara(mikropon) yang bisa digunakan secara offline maupun online(video call) kepada user lain yang juga menggunakan perangkat ini.

15. Digitizer

Digitizer adalah sebuah alat yang bisa mengubah data menjadi kode-kode digital dan mengubah format ASCII dengan Gnuplot.

Bersambung ke Halaman Berikutnya : Pengertian Perangkat Keras: Fungsi, Jenis dan Contohnya (Part 2)




1 comment: