Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Share:
Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang  digagas  oleh  sebuah  proyek  pengembangan  komputer  MODEL  I  di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. 
Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer


Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.] Pada sistem TSS  beberapa  terminal  terhubung  secara  seri  ke  sebuah  komputer  atau  perangkat  lainnya  yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduanteknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Departemen  Pertahanan  Amerika, U.S.  Defense  Advanced  Research  Projects  Agency (DARPA) memutuskan  untuk  mengadakan  riset  yang  bertujuan  untuk  menghubungkan  sejumlah  komputer sehingga   membentuk   jaringan   organik   pada   tahun 1969. Program   riset   ini   dikenal   dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

darpa

Dan  pada  tahun 1970 itu  juga  setelah  beban  pekerjaan  bertambah  banyak  dan  harga  perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed  Processing). Dalam  proses  ini  beberapa host komputer  mengerjakan  sebuah  pekerjaan besar     secara     paralel     untuk     melayani     beberapa terminal yang     tersambung     secara     seri disetiap host komputer.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya  setahun  yang  lalu  untuk ARPANET. Program  tersebut  begitu  mudah  untuk  digunakan, sehingga  langsung  menjadi  populer.  Pada  tahun  yang  sama  yaitu  tahun 1972,  ikon  at  (@)  juga diperkenalkan  sebagai  lambang  penting  yang  menunjukan  ―at‖  atau  ―pada‖. Tahun 1973,  jaringan komputer  ARPANET  mulai  dikembangkan  meluas  ke  luar Amerika  Serikat.  Komputer University College di London merupakan  komputer  pertama  yang  ada  di  luar  Amerika  yang  menjadi  anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob  Kahnmempresentasikan  sebuah  gagasan  yang  lebih  besar,  yang  menjadi  cikal  bakal pemikiran International Network(Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari  bersejarah  berikutnya  adalah  tanggal 26  Maret 1976,  ketika  Ratu  Inggris  berhasil mengirimkan  surat  elektronik  dari Royal  Signals  and  Radar  Establishment di Malvern.  Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/ARPANET


Tom   Truscott, Jim   Ellis dan Steve   Bellovin,   menciptakan newsgroups pertama   yang   diberi nama USENET (User  Network)  pada  tahun 1979. Tahun 1981, France  Telecom menciptakan  sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.

Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi  yang  dapat  diakui  dan  diterima  oleh  semua  jaringan. Untuk  itu,  pada  tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini. Sementara itu, di Eropamuncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

DNS

Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling  berhubungan  melonjak  10  kali  lipat.  tak  kurang  dari 100000 komputer  membentuk  sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan (World Wide Web).
 
WORLD WIDE WEB WWW


No comments